Anda Mengalami Kesulitan Mengatur Barang Di Rak Toko? Coba Ikuti Tips Ini

Wednesday , 13, February 2019 Leave a comment

Salah satu cara membuat toko lebih menarik adalah penataan barang di rak toko yang teratur, rapi, dan kreatif. Penataan barang seperti itu diharapkan mampu meningkatkan penjualan, baik dalam skala besar maupun kecil. Meskipun hanya memiliki toko kecil, penataan barang tetap menjadi faktor penting. Percuma saja jika barang di rak toko tampak berantakan dan tidak menarik, maka pembeli tidak berminat untuk mengunjungi toko tersebut. Jika Anda memiliki toko di rumah, entah toko kelontong, minimarket rumahan, toko pakaian, maupun toko sepatu, kami akan berikan tips sederhana agar penataan barang di rak toko tampak lebih menarik. Berikut ini tipsnya:

– Isilah bagian depan toko
Rak toko harus memperlihatkan kesan penuh, sehingga lebih baik mengutamakan mengisi bagian depan terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian calon pembeli. Rak toko yang tampak penuh akan memperlihatkan kesan bahwa toko Anda tampak lengkap. Tentu saja keamanan toko tetap diutamakan agar produk yang dipajang tidak menjadi sasaran pencurian.

– Perhatikan warna barang
Usahakan untuk menempatkan produk yang memiliki warna cerah di bagian yang paling mudah dilihat. Padukan warna-warna cerah dengan meletakkan bersebelahan, tetapi tentu saja perhatikan pula kombinasi warnanya. Kombinasi warna cerah yang menarik akan lebih cepat menangkap perhatian pengunjung.

– Tempatkan produk laris di bawah
Hal ini diutamakan untuk bisnis retail. Mengapa? Sebab produk yang laris akan selalu dicari dan lebih mudah digapai ketika diletakkan di baris bawah. Pembeli juga lebih mudah menemukan barang tersebut. Sementara itu, letakkan produk yang kurang banyak dicari pada posisi sejajar dengan mata. Hal ini bertujuan untuk membantu distributor untuk menjualkan produk, sebab susunan yang sejajar dengan mata biasanya dibayar lebih tinggi oleh distributor.

– Kemasan lebih besar di sebelah kanan
Biasakan untuk mengatur produk yang memiliki kemasan besar di sebelah kanan. Kemudian diikuti dengan kemasan yang lebih kecil, tetapi tetap pada satu merk. Misal, sabun merk A kemasan 450 ml diletakkan di sebelah paling kanan, kemudian diikuti kemasan 250 ml dan seterusnya hingga kemasan paling kecil. Hal ini disebabkan kebiasaan orang Indonesia menggunakan tangan kanan, maka kemungkinan terpilihnya produk dengan kemasan besar akan lebih tinggi.

Itulah 4 tips sederhana dalam mengatur barang pada rak toko. Semoga bermanfaat!

Please give us your valuable comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *