Ini Tips Melewati Proses Mendapatkan Pekerjaan Untuk Para Penyandang Disabilitas

Saturday , 5, January 2019 Leave a comment

Saat ini, banyak para penyandang disabilitas yang sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan jenis disabilitas. Ada banyak perusahaan yang masih menutup diri dari para penyandang disabilitas yang melamar di perusahaan mereka. Padahal, dengan mempekerjakan para penyandang disabilitas, maka produktivitas perusahaan juga akan meningkat. Sebab, biasanya para penyandang disabilitas memiliki loyalitas yang lebih tinggi kepada perusahaan.

Namun, ada beberapa perusahaan yang telah membuka diri untuk para penyandang disabilitas. Bagi anda yang sudah lolos tahap seleksi dan harus mengikuti langkah selanjutnya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pihak perusahaan bisa lebih yakin terhadap diri dan kemampuan anda. Beberapa hal yang dimaksud di sini adalah

1. Tunjukan sikap professional saat interview
Proses wawancara memang merupakan proses yang sangat ditakuti oleh banyak orang, tak terkecuali bagi para penyandang disabilitas. Di sini anda harus menunjukkan sikap professional dan kekuatan anda. Untuk itu, ada baiknya anda untuk memeprsiapkan dengan baik bakat dan kemampuan yang anda miliki. Terkadang, keterbatasan anda bisa menjadi topic perbindangan yang tidak habis untuk dibahas. Untuk itu, ada baiknya anda menjawabnya dengan feedback yang positif dan jangan merasa sensitive jika topic tersebut dibahas atau ditanyakan kepada anda. Keterbatasan anda tentu bisa menjadi kelebihan bagi anda sendiri jika anda menjawabnya dengan benar.

2. Berhati-hatilah dalam menjelaskan keterbatasan anda
Anda harus berhati-hati dalam menceritakan keterbatasan yang anda miliki. Hal ini wajar dilakukan, agar perusahaan tidak memberikan tanggapan buruk kepada anda dan kemampuan anda. Banyak perusahaan yang menghakimi terlebih dahulu kemampuan anda karena fisik anda yang terbatas. Maka, jelaskan kepada mereka dengan bijak tentang kondisi anda dan jangan lupa jelaskan kemampuan dan kontribusi apa yang bisa anda berikan kepada perusahaan. Namun, jangan khawatir karena beberapa perusahaan justru mencari professional dengan keterbatasan untku menambah keanekaragaman dalam perusahaan dan pegawai mereka. Jangan lupa juga untuk menceritakan keterbatasan anda dengan baik dan tanpa rasa malu untuk menunjukan kepercayaan diri anda.

Please give us your valuable comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *